RESIKO DAN PENGHINDARAN RESIKO

RESIKO DAN PENGHINDARAN RESIKO

Dalam investasi ada hal yang penting yang harus diperhatikan, yaitu
1. Analisis sekuritas dan pasar untuk menilai resiko dan imbal hasil dari istrumen yang diinvestasikan dan 2. Pembentukan portofolio asset yang optimal dimana penentuan peluang resiko dan imbal hasil yang terbaik.

Penekanan dalam bab ini adalah:
1. Investor menghindari resiko dan meminta imbalan jika terlibat pada sebuah investasi yang beresiko. Imbalan adalah Premi resiko, yaitu selisih antara tingkat imbal hasil yang diharapkan dengan investasi bebas resiko yang ada.
2. Menghitung pilihan personal investor antara resiko portofolio dan imbal hasil yang diharapkan.
3. Menentukan cara yang terbaik untuk mengukur resiko dari asset individual dengan menilai akibat yang ditimbulkan kepada seluruh portofolio informasi

RESIKO DAN PENGHINDARAN RESIKO
Resiko Dengan Prospek Yang Sederhana

Yaitu peluang investasi yang menempatkan kekayaan awal pada sebuah resiko dan hanya terdapat dua hasil yang mungkin.

Resiko, Spekulasi dan Berjudi

Spekulasi adl aktivitas dimana uang diletakan dalam resiko untuk tujuan menghasilkan keuntungan, yang memiliki ciri-ciri :
1. Melakukan penelitian yang mendalam
2. Peluang yang diambil menguntungkan
3. Perilaku menghindari resiko
4. pendekatan secara sistematis
5. Emosi dan takut tidak memainkan tidak memainkan peran
6. Kegiatan yang dilakukan secara terus menerus
7. Aktivitas yang bukan hanya hiburan atau paksanaan
8. Kepemilikan sesuatu yang secara nyata terlibat
9. Hasil ekonomi yang positif

Judi adl setiap aktivitas diman auang yang diletakan kedalam resiko yang tujuan menghasilkan keuntungan yang memiliki ciri-ciri:
1. Sedikit atau tidak melakukan penelitian
2. Peluang yang diambil tidak menguntungkan
3. Perilaku mencari resiko
4. Pendekatan secara sistematis
5. Emosi seperti serakah dan takut memainkan peran
6. Bukan menjadi aktifitas yang signifikan didorong oleh hiburan atau paksaan
7. Kepemilikan dari sesuatu yang nyata tidak terlibat
8. Tidak ada hasil ekonomi yang positif

Penghindaran Resiko dan Nilai Utilitas
Prospek yang memiliki resiko nol adalah permainan yang adil (fair game). Investror penghindar resiko menolak portofolio investasi yang t ermasuk permainan yang adil atau yang lebih buruk dari itu. Kita dapat menformulasikan sistem pinalti resiko. Untuk melakukan perlu menganggap bahwa setiap investor menetapkan kepuasan atau utilitas, untuk setiap calon portofolio investasi berdasarkan ekspektasi imbal hasil dari resiko dan portofolio. Portofolio akan mem[eroleh utilitas yang lebih tinggi untuk ekspektasi imbal hasil yang menarik. Portopolio memperoleh utilitas yang lebih tinggi untuk ekspektasi imbal hasil yang lebih besar dan memperoleh utlitas yang lebih rendah untuk volatilitasnya yang lebih besar.

Tingkat ekuivalen kepastian adl tingkat imbal hasil yang perlu ditawarkan secara pasti oleh investasi bebas resiko sehingga dapat dinilai sama menariknya dengan tingkat imbal hasil dari portofolio beresiko. Berlawanan dengan investor penghindar resiko investor yang netral terhadap resiko (risk netral) menilai prospek berisiko hanya dari imbal hasil yang diharapkan.

Investor pecinta resiko (risk lover) bersedia terlibat dalam permainan yang adil dan perjudian, investor jenis ini menyesuaikan ekspektasi imbal hasil ke atas dengan memasukkan kesenangan dalam menghadapi prospek beresiko.

RESIKO PORTOPOLIO
Resiko asset versus Resiko Portopolio

Investor harus memerhatikan hubungan antara imbal hasil atas asset-aset miliknya dalam menilai resiko portofolionya. Kontrak asuransi dapat mengurangi resiko melalui perlindungan nilai pada saat bagian lain dari portofolio dalam kondisi buruk. Pola saling menutupi imbal hasil dari kedua asset ini akan menstabilkan resiko keseluruhan portopolio.

Lindung nilai (hedging) adl Investasi dalam sebuah asset dengan pola payoff (untung rugi) yang dapat menutupi resiko yang muncul dari suatu sumber resiko  tertentu . Cara lain untuk melindungi atau mengontrol resiko portopolio melalui diversifikasi, dimana investasi dilakukan dalam jenis asset yang sangat luas sehingga resiko dari sebuah sekuritas menjadi terbatas.
Resiko asset individual dalam suatu portofolio harus diukur dalam konteks pengaruh imbal hasilnya terhadap variabilitas portopolio secara keseluruhan.

Kovarians mengukur berapa banyak imbal hasil dari dua asset beresiko bergerak bersamaan. Kovarians positif berarti imbal hasil tersebut bergerak bersamaan. Kovarians negatif berarti asset tersebut bergerak berlawanan.
Varians portofolio menunjukan pengaruh kovarians terhadap resiko portopolio. Kovarians positif meningkatkan varians portopolio dan kovarians negative menurunkan varians portopolio. Imbal hasil dari asset yang berkorelasi negatif cenderung akan saling menghapuskan, yang akan menstabilkan imbal hasil portopolio.

Lindung nilai termasuk pembelian sebuah asset beresiko yang berkorelasi negative dengan portopolio yang ada. Korelasi negative membuat volatilitas asset yang dilindungi nilai berfungsi sebagai pengurang resiko. Strategi lindung nilai merupakan alternative yang lebih bagus daripada strategi pengurangan resiko sederhana dengan memasukan sebuah asset bebas resiko ke dalam portopolio.


 Semoga bermanfaat guys... 😊😊😊

Comments

Popular posts from this blog

PROSES PENYESUAIAN

PENGANTAR AKUNTANSI DAN PERUSAHAAN